Minggu, 07 Oktober 2012

JANJI


“Kalau kamu sudah besar apakah kamu akan melupakanku???
“aku ngak akan pernah melupakanmu” jawabku
“tapi kalau kita tidak bertemu apakah itu masih bisa disebut sebuah persahabatan??”
aku hanya terdiam sejenak memikirkan jawaban itu,,
“hmm… kita tetap sahabat, walaupun kita berada ditempat yang berbeda, kita tetap sahabat”
dia mencoba memahami perkataan yang baru saja aku ucapkan.
“tapi, dengan tidak saling berbagi suka dan duka apakah kita masih bisa disebut sahabat?”
“kalau menurutmu bagaimana??” aku menanya balik padanya.
dia hanya tersenyum dan menjawab “aku tidak tahu”.
senyuman itu masih ku ingat sampai saat ini,,
lalu melanjutkan perkataannya “tapi kamu janji ya, kalau kamu udah besar jangan pernah melupakanku”
akupun tersenyum “aku janji, aku ngak akan  pernah melupakanmu” jawabku
waktu memang ngak pernah berhenti untuk membawa kita menuju kisah selanjutnya,, waktu itu masih kelas 5 SD,, tapi sekarang kita udah melewati masa seragam putih abu-abu…
katanya putih abu-abu masa-masa yang paling indah,,
bagaimana denganmu?? Sejak melanjutkan ke SMP aku tak pernah mendengar kabar lagi darimu…
Tahukah kamu? Aku masih mengingat janji itu sampai saat ini…
terima kasih telah mengajariku tentang sebuah persahabatan…
aku merasakan masa-masa putih abu-abu benar-benar indah,,
aku punya banyak sahabat,,
aku benar-benar melewati semua dengan begitu indah,,
bagaimana denganmu???
aku benar-benar tak pernah melupakanmu
kamu menempati salah satu bagian terpenting dalam hidupku…
dan seperti janji itu, aku masih mengingatmu,,
Sore itu,,
suasana perkuliahan terasa begitu mebosankan…
tapi dengan teman-teman terbaikku, semua tak pernah terasa menjenuhkan,,
bagaimana kalau nanti kita jalan-jalan? Kata salah seorang temanku…
semua menjawab kompak “setujuuuuuu……!!!”
Perjalanan mendadak itu sangat mengesankan bagiku…
kamu tahu taruko??
sebuah kafe bernuansa alam yang ada dibukittinggi,,
kira-kira butuh satu jam untuk menempuh perjalanan kesana…
itu pertama kali aku kesana, disambut oleh hijaunya pemandangan, dikiri jalan ada penginapan yang bernuansa rumah gadang, kemudian ada kolam dengan “pancurannyo”, tak lupa juga ada sebuah pedati tetapi hanya pajangan saja ditaman kafe…aku merasa seperti menginjakkan kakiku dialam ranah minang tahun 80’an, hhaha,, aku tahu itu karena teringat foto-foto ibuku,, perlahan kami memasuki kafe,, semua terlihat sangat alami, bangunannya yang tinggi dan ada sungai kecil yang terlihat dari kafe, kalau kamu mau, kamu bisa turun pada bagian belakang dan bermain disungai..
Pengunjung pada hari itu cukup ramai, tapi mungkin aku dan teman-temanlah dengan suara paling keras dan paling heboh…
tiba-tiba aku melihat seseorang yang tidak asing bagiku, menggunakan baju kaos putih yang dilengkapi dengan jaket yang senada dengan bajunya,, dia berdiri didekat taman didepan kafe,,
aku menghampirinya…
dia tampak sangat kaget saat aku menghampirinya…tapi ada senyum diwajahnya…
“Tiara shudqi,, benarkah kamu??”
“Gio dirgawardhana,, kamu masih ingat aku?” balasku
“9 tahun berlalu,, ngak nyangka kita bertemu disini,,”jawabmu
“kamu kemana aja yo? Kamu hilang ditelan bumi…” sebelum aku selesai melanjutkan apa yang ingin kusampaikan, dari arah belakangku terlihat seorang ibu, juga seorang cewek sebaya denganku, lalu juga seorang anak laki-laki yang kira-kira berumur 10 tahun berjalan kearah kami..
“Gio, ngapain berdiri disitu, ayo kita masuk…” ibu itu berbicara cukup keras kearah Gio…
“iya bu,,” jawab Gio
ibu tersebut menghampiri kearah aku dan gio
“kenapa kamu berdiri aja disini? Ini siapa?” beliau melirik kearahku
saat aku ingin menjawab tapi tiba-tiba Gio memotong untuk menjawab
“dia hanya menanyakan alamat Bu, aku tidak mengenalnya…” lalu Gio berlalu…
jantungku berdetak lebih cepat, perasaanku tak tahu harus merasakan apa, bahagia, senang, kecewa, sedih, penasaran semua campur aduk jadi satu.
Gio..
kenapa terlalu banyak teka-teki tentangmu?????
kapan aku bisa menjawab teka-teki ini lagi, ketika kamu pergi tanpa meninggalkan pesan…
disini didimensi hidupku masih tersimpan tanda-tanya tentangmu….??????????????????????????????



Tidak ada komentar:

Posting Komentar