Kamis, 02 Oktober 2014

Janji

"ada sesuatu yang ingin kukatakan pada Bapak"
"apa itu?" tanya kepala sekolah senang
kepala sekolah memandangnya dengan sikap menunggu "Apa yang ingin kau katakan?" tanyanya lagi
"Aku ingin mengajar disekolah ini kalau sudah dewasa. sungguh"
"janji?" Mr Kobayashi tampak benar-benar ingin Totto-Chan berjanji.
Totto-Chan mengangguk penuh semangat dan berkata "Aku janji"
ketika Totto-chan mengucapkan janji, wajah kepala sekolah tampak senang. Totto-chan mengulurkan kelingkingnya. kepala sekolah juga mengulurkan kelingkingnya. mereka menegaskan perjanjian dgn cara Jepang kuno yaitu mengaitkan kelingking. seolah kau bisa meletakkan harapanmu disana. Kepala sekolah dan Totto-chan tersenyum. tekadnya sudah bulat, ia akan menjadi guru di Tomoe! sungguh gagasan yang hebat.
"kalau aku jadi guru..." ia menggumam. inilah hal-hal yang dibayangkan Totto-chan : tidak banyak belajar, perbanyak hari olahraga, acara masak bersama, berkemah, jalan-jalan.
kepala sekolah senang. sulit membayangkan Totto-chan tumbuh dewasa, tapi ia yakin gadis itu akan bisa menjadi guru di Tomoe. ia berpendapat semua murid di Tomoe akan menjadi guru yang baik karena mereka pasti ingat asyiknya menjadi anak-anak.
Begitulah Tomoe, Kepala sekolah dan salah satu muridnya mengikat janji tentang sesuatu yang akan terjadi sepuluh tahun lagi, atau bahkan lebih, dimasa depan. padahal ketika itu semua orang berkata hanya tinggal soal waktu sebelum pesawat2 Amerika yg bermuatan bom muncul dilangit Jepang.
*janji, Totto-Chan, Tetsuko Kuroyanagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar