Sabtu, 26 April 2014

Cinta, Memaknai Cinta

cinta adalah kata lain dari memberi, sebab memberi adalah pekerjaan, sebab pekerjaan cinta dalam siklus memperhatikan, menumbuhkan, merawat dan melindungi itu berat. sebab pekerjaan itu harus ditunaikan dalam waktu yang lama. sebab pekerjaan berat dalam waktu begitu lama hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang memiliki kepribadian yang kuat dan tangguh.

Tantangan cinta yang paling rumit adalah waktu. dalam perjalanan waktu, kesejatian cinta teruji. dan, ujiannya adalah menjawab pertanyaan sederhana ini : seberapa besar kadar kebajikan yang terkandung dalam cinta itu? Dalam tamsil ini cinta adalah kereta : ia hanya berjalan diatas rel kebajikan. Begitu kebajikanmu habis, kereta cinta juga berhenti berjalan. hanya ketika kamu menjadi orang baik, kamu dapat mencintai dengan kuat. kalau ujian cinta adalah waktu, maka jawabannya adalah kepribadian.
maka rahasia dari cinta yang sukses bertahan lama adalah pembuktian cinta terus menerus, yang dilakukan para pencinta sejati disini adalah memberi tanpa henti. cinta bertahan lama bukan karena perasaan cinta yang bersemi dalam hati, tapi karena kebaikan tiada henti yang dilahirkan oleh perasaan cinta itu.

ini juga menjelaskan mengapa keshalihan selalu bersaudara dengan cinta. keshalihan adalah kekuatan yang memotivasi dan menginspirasi kita untuk melakukan kebajikan secara terus menerus.

jika ada latihan paling berat untuk menjadi pencinta sejati, maka inilah dia latihan itu : melatih jiwa menjadi ulet, melatih jiwa untuk tetap dan terus bergerak ditengah semua kesulitan, melatih jiwa melawan kebosanan dan kemalasan serta kelelahan, melatih jiwa melawan kesedihan dan keputusasaan serta ketakutan, melatih jiwa untuk mempertahankan kegembiraan dan keriangan serta kesenangan dalam semua situasi, melatih jiwa untuk tetap produktif dalam semua rintangan, melatih jiwa untuk tetap optimis dan progresif menghadapi waktu.

tidak mudah memang. tapi jalan cinta selalu begitu; itu adalah cerita panjang tentang kebajikan yang tak dapat dikalahkan oleh waktu. para pencinta sejati selalu mampu menembus dinding waktu itu ketika mereka menjelma menjadi pribadi-pribadi yang ulet, yang selalu bergeliat dalam kebajikan tanpa henti. tidak mudah memang tapi jalan cinta selalu begitu.

tak pernah habis memang jika berbicara tentang cinta.. cinta adalah kata tanpa benda, nama untuk beragam perasaan, muara bagi ribuan makna, wakil dari sebuah kekuatan tak terkira.

cinta adalah lukisan abadi dalam kanvas kesadaran manusia. Lukisan. bukan defenisi. Ia disentuh sebagai sebuah situasi manusiawi, dengan detail-detail nuansa yang begitu rumit.

semoga bermanfaat untuk kembali memaknai cinta.
tulisan ini kutipan yang bolak-balik maju mundur dari sebuah buku berjudul "serial cinta, menyelami bagaimana kekuatan cinta mengubah kualitas hidup dan cita rasa peradaban" oleh Bapak Anis Matta.

sebah diskusi bersama pipiii dan kak Helen, semoga catatan ini bisa kita maknai, dan beberapa tahun kemudian mampu mengingatkan kita, bahwa mozaik ini pernah menjadi tanda tanya yang terhijab dengan jawabannya.
dekatkan diri padaNya, maka yakinlah, Allah akan memberikan yang terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar